Sunday, November 09, 2008

City of Ember

Mega 21; Sat 08 Nov '08

Gw udah bingung mau nonton apa lagi. sebenernya gw pengen ntn deception, tapi karna yang jem midnite cumen dikit n tempatnya gk memungkinkan, jadinya gw pilih ntn city of ember aja deh. udah gitu ntnnya di megamall lagi.. huhuh menyedihkan.. tapi biarlah daripada gk ngapa2in..

City of ember ini genrenya fantasy. yang buat walden media, sama kyk yang bikin narnia.. jujur gw gk berharap apa2 dari film ini, gw pernah liat trailernya sambil lalu aja.. tapi ternyata filmnya bagus juga.

Ceritanya bumi udah gk layak huni lagi. gk dibilang kenapa, tapi gw baca sinopsisnya karna polusi udah terlalu parah jadi bumi bisa dibilang udaranya udah pernuh racun deh. so para ilmuan bangun sebuah kota di bawah tanah yang dirancang buat tahan selama 200 tahun. karna mereka di bawah tanah, otomatis mereka gk punya penerangan, jadi listrik disana di supply sama 1 generator. nah pas udah 200 tahun usia kota ember, generator itu mulai menuju rusak total, jadi listrik di kota sering padam, makin hari pemadamannya makin lama (serasa di indo banget gk sihhh hehehe). so mereka udah diharuskan keluar dari kota ember, karna kalo generator rusak, supply listrik gak ada, berarti kota ember bakalan mengalami kegelapan total.

Sebenernya petunjuk buat keluar dari kota ember ada di sebuah kota yang bakal kebuka setelah 200 tahun. nah kotak itu diwarisin turun temurun dari pemimpin kota ember ke penggantinya. tapi karna sesuatu hal tradisinya keputus. jadi kotak itu sendiri gk ada yang peduli keberadaannya dimana. penduduk kota ember sendiri gk pernah keluar dari wilayah kota ember karna dianggep terlarang n pastinya diluar kota ember itu gelap gulita, soalnya gk ada cahaya. so kalo generator rusak n mereka mengalami kegelapan total, bisa dibilang itu kiamat buat kota ember.

Nah, ada 2 orang anak yang percaya kalo ada jalan keluar dari kota ember. salah satu dari mereka nemuin kotak itu, cuma sayang informasi cara2 buat keluar dari kota ember yang di kotak itu udah gak lengkap. jadi mereka berusaha ngumpulin petunjuk2 yang ada, supaya mereka bisa keluar dari kota ember. n tentunya ada pihak2 yang menghalangi, kalo gk ceritanya jadi kurang seru hehehe..

Film ini dibuat berdasarkan novel kayaknya. soalny gw baca di imdb user commentnya "A disappointment - read the book it is MUCH better!!". tapi karna gw gk baca bukunya, menurut gw filmnya cukup bagus n menghibur. gk mengecewakan lah. ceritanya ringan, n gampang ditebak sebenernya, tapi masih ok lah ini film. terus setting kota ember juga bagus.. so layak tonton dibioskop.

About this movie
City of Ember (2008)
Director : Gil Kenan
Genre : Fantasy, Adventure
Cast : Harry Treadaway, Saoirse Ronan, hm gk ada nama yang gw kenal kayaknya hehehe
Rating : 7/10. cukup menghibur.

No comments: