Monday, September 22, 2008

The Bartimaeus Trilogy

Bartimaeus Trilogy. buku yang gw beli tanggal 20 maret taon 2008 ini akhirnya selesai juga gw baca. kenapa gw bisa tau tanggal pastinya? karna disebelah gw lagi ada lembaran tagihan kartu kredit yang lagi iseng2 gw bolak balik. gw inget waktu gw beli buku ini, sebelomnya gw gk pernah tau ato baca apa2 tentang bartimaeus trilogy. gw beli karna gw tertarik dengan kemasannya.. hehehe soalnya gramedia bikin kotak yang bisa nampung 3 buku + ada kalendernya. mengingat waktu itu gw baru rada2 sembuh dari sakit campak yang menyerang gw untuk kedua kalinya (iya dulu gw udah pernah kena pas masih kecil, trus sekarang kena lagi. jadi kalo ada yang bilang udah pernah kena, gk bakalan kena lagi itu kebohongan publik namanya, halah apaan sih.. ) dan gw sendiri udah rada bosen dengan dunia internet, jadinya gw boyong deh tuh boxnya bartimaeus trilogy.

Buku pertama judulnya amulet samarkand ato "The Amulet of Samarkand" (wow gw pake font italic segala.. mule keluar bakat2 gw jadi penulis kayaknya nih wakakka) buku pertama lumayan menarik. trus gw baru pertama kali baca novel yang punya begitu banyak footnote.. awal2 rada musingin. n kadang2 dikarenakan kemampuan membaca gw yang begitu cepatnya tapi gak teliti.. gw gk ngeliat ada angka2 kecil yang menunjuk ke footnotenya, so seringkali gw bingung.. ini ada footnote, tapi jelasin yang mana ya?? itu footnote isinya apa yang ada di pikirian si jin (bartimaeus itu nama jin).. penyihir2 di bartimaeus trilogy gk kenal mantra2 macem "expelliarmus" dan laen2.. mereka panggil jin, imp, foliot yang dikasih tugas2 semau mereka.. ehm.. untuk lebih lanjut mengenai makhluk2nya baca sendiri aja..

Buku pertama gw selesaikan dengan lancar.. gw langsung beralih ke buku kedua.. yang butuh waktu gk lama buat gw selesein juga.. tapi buku kedua "The Golem's Eye" aka mata golem rada2 boring. makanya gw memutuskan buat menunda dulu baca buku ketiga.. sampe kemaren pas hari minggu gw keabisan bacaan sesuadah gw menyelesaikan darren shan - the lake of souls yang gw pinjem dari temen gw yang lagi menggali dollar di negeri singa. nah karna abisnya si lake of souls, otomatis gw gk ada kerjaan lagi.. n akhir2 ini gw lagi menjauhi dunia internet, entah kenapa gw lagi kehilangan selera browsing2.. so gw ngelirik2 ke lemari buku gw n gw liat si bartimaeus yang mule berdebu ini (kenapa ya kamar gw banyak debu banget)

Ok lanjut ke buku ketiga.. ternyata.. buku ketiga seru bangettt.. gw menyesal gk langsung baca aja waktu itu.. (salahin si buku kedua yang ceritanya gk menarik).. gw gk bisa brenti baca buku ketiga "Ptolemy's Gate". brenti cuma gara2 gw harus ke greja n harus tidur karna besoknya gw kerja (gw mule baca hari minggu kemaren). n akhirnya pas tadi siang gw kelar juga baca si gerbang ptolemy.. gw langsung dengan antusiasnya search di forum2 yang gw register ttg si bartimaeus ini.. dan amat sangat disayangkan.. endingnya bukan seperti yang gw harapkan.. gw gak bilang endingnya jelek.. tapi gw suka ending yang detail.. dan ending di buku ini bikin gw bertanya2.. AWAS ADA SPOILER.. kalo mo baca di blok aja deh.. gw putihin nih tulisannya.. sebenernya nathaniel mati apa enggak.. soalnya meskipun dibikin seolah2 dia mati, tapi di buku itu sendiri gk pernah dibilang kalo dia mati.. ending yg rada2 menggantung.. gw rada2 berharap dia sama2 ma si kitty gitu, meskipun gw awalnya gk suka sama tuh cewe.. n gw pengen tau bartimaeus abis itu bgm.. tapi ya sutra lah mau gimana lagi.. abis bukan gw yang ngarang juga.. n gw gk kenal ama si jonathan stroud.. kalo gw kenal udah gw maki2 dia soalnya bikin ending yang menyebalkan.. ato mungkin dari awal udah gw wanti2 jgn bikin ending yg kayak begono... kalo bikin yang detail donk.. D-e-t-a-i-l!

About this book
The Bartimaeus Trilogy
Written by : Jonathan Stroud
Genre : Fiction
Rating : 9/10, 8.5 kalo endingnya diperhitungkan..

Sekian laporan dari saya tentang si bartimaeus ini.. semoga berkenan dihati.. n ini si bartimaeus..



1 comment:

SebSey said...

Itu namanya open ending, mbak. Atau cliffhanger. Sengaja dibuat seperti itu supaya pembaca bisa bebas membayangkan dan menebak-nebak sendiri bagaimana endingnya, dan nggak saklek pasti itu saja. Pembaca bisa bebas menafsirkan, dan melanjutkan sendiri, justru di siulah asyiknya, mereka-reka sendiri bagaimana sebenarnya ending buku itu. Di sanalah awal mula fanfiction berasal, karena sebenarnya pembaca nggak harus didikte oleh penulis :) justru banyak buku-buku open endinglah yang menghasilkan fans-fans setia yang menghasilkan ending sesungguhnya menurut imajinasi mereka. Jadi di sini mau Nathaniel memang mati, atau hidup jadi roh, atau masih hidup dan diselamatkan Kitty, silakan pilih sendiri sesuai kemauan mbak. Di situlah indahnya open ending yang nggak detail :D